Sedikit tentang "Nirvana & Pearl Jam"

Rabu, 28 Maret 2012


"Grunge" itulah kata yang gak asing bagi pecinta band Nirvana dan Pearl Jam. Disini gue mau bahas tentang kedua Band aliran Grunge ini. Mungkin menurut gue ada kesamaan dari kedua band ini, yaitu ::
  • Kedua band ini sama-sama berasal dari Washington, America.
  • Kedua Band ini populer pada tahun 1990-an.
  • Banyak Media yang memberikan penghargaan kepada kedua Band ini.
  • Kedua Band ini dibentuk sama-sama dari 2 orang personilnya dan sama-sama gitaris dan bassist  :: 
    • Nirvana :: dibentuk oleh penyanyi/gitaris Kurt Donald Cobain dan bassist Krist Novoselic
    •  Pearl Jam :: dibentuk oleh gitaris Stone Gossard dan bassist Jeff Ament 
  • Sama-sama menolak disebut aliran Grunge.
  • Terakhir, kedua band ini sama-sama "SPECTACULAR"



Nirvana dan Pearl Jam memiliki latar belakang dalam penamaan, dan tidak sembarangan dalam menamakan Bandnya.

Dimulai dari Band Nirvana, Mungkin kalian udah banyak tau.. kenapa Kurt Cobain memberikan nama Nirvana. Kurt Cobain mempertimbangkan nama-nama band : Poo Poo Box, Designer Drugs, Whisker Biskuit, Spina Biffida, Gut Bomb, Egg Flog, Pukeaharrea, Puking Worms, Fish Food, Bat Guana dan Imcompotent Fools. Akhirnya, Cobain memutuskan memilih nama "Nirvana" karena ia merasa dirinya pengikut Buddha, walaupun pembentuk iman didirinya itu hanya dari sebuah tayangan keagamaan di TV tengah malam. Nirvana memiliki arti "Pencapaian Kesempurnaan", Lebih tepatnya adalah suatu tempat yang dicapai seseorang jika sudah terlepas dari siklus reinkarnasi dan penderitaan hidup manusia. Pencapaian itu harus dilakukan dengan cara menahan nafsu, melakukan delapan ajaran Buddha dan melakukan meditasi dan pengembangan spiritual.

Sedangkan Band Pearl Jam yang sangat menyukai olahraga terutama basket, sebelumnya band ini diberi nama "Mookie Blaylock" (nama bintang NBA) ternyata usul yang memberikan nama "Mookie Blaylock" itu dari seorang bassist mereka sendiri (Pearl Jam) yaitu Jeff Ament yang sangat fanatik dengan Basket. Tetapi karena masalah legalitas, nama itu langsung diganti dengan menjadi "Pearl Jam". Tepat sebelum mereka menandatangani kontrak dengan Epic Records. Kalo kata Eddie Vedder arti kata Pearl itu sangat mutiara. Tapi ada rumor yang beredar kalo nama Pearl Jam ini dikarenakan Eddie mempunyai nenek yang bernama Pearl dan jago membuat selai(jam). #Ini sih menurut info yang gue dapet guys

Dari kedua Band tersebut memiliki lagu hits yang membuat mereka semakin dikenal dikalangan masyarakat, yaitu ::
  • Nirvana :: "Smells like teen spirit"
  • Pearl Jam ::  "Last Kiss"
Awal dari memudarnya musik aliran Grunge ini ternyata setelah kematian penyanyi band Nirvana yaitu Kurt Donald Cobain. Cobain emang punya sifat keinginan bunuh diri yang turun temurun. Tetapi sebelum kematian Cobain (5 April 94) dia menuliskan surat untuk Boddah ::  #bisa dicari guys tulisan jelasnya hehe
Sumber gambar yang didapat :: http://www.indowebster.web.id

Yang gue tau setelah kematian Cobain hampir semua band Grunge mengalami penurunan. Termasuk band Pearl Jam yang saat itu sedang melakukan show, Vocalist dari band Pearl Jam itu Eddie Vedder mengakui kekhawatirannya kepada Cobain. Saat sedang show Vedder berkata "Kadang, baik kita suka atau tidak, berapa pihak akan membuai kita, lalu terhempas" lalu Vedder berkata kembali "Menurut saya, kita tak akan bertemu disini tanpa jasa Kurt Cobain" ucapan itu diberikan kepada penonton saat dia sedang show. Walopun band Pearl Jam selalu dilecehkan oleh Cobain, tetapi semua personil Pearl Jam tetap memberikan komentar yang menunjukkan ekspresi yang sangat terpukul atas kepergian Cobain.

Semenjak kejadian itu Grunge pun seperti menghilang, dan ternyata hanyalah Pearl Jam yang tersisa dan masih aktif dengan para fans-nya. Dan sampai akhirnya Pearl Jam telah 20th #kalo sekarang sih mau 21th, dan meluncurkan sebuah film yang berjudul Pearl Jam Twenty yang berdokumenter besutan Cameron Crowe.Pearl Jam.

Gaya hidup Grunge sendiri sangatlah keras ! Band Nirvana dan Pearl Jam yang sudah dikenal dengan aliran Grunge tetapi mereka menolak jika disebut band yang beraliran Grunge. Alasan mereka yaitu ::
  • Nirvana :: Cobain lebih senang jika disebut dengan Punkers. Karena mereka bisa lebih berfikir dan lebih mengenal jiwa masing-masing.
  • Pearl Jam :: Mereka lebih bangga jika disebut dengan musisi alternatif/modern Rock. Karena merasa mereka memiliki pendidikan dan hidup layak.
--Mungkin menurut gue band aliran Grunge ini sangat mempengaruhi kehidupan moral pada tahun 90an tersebut. Walopun gue belum tau kaya gimana atmosfer kehidupan Grunge pada tahun 90an itu kaya gimana, tapi setelah gue mencari tau semua info tentang band-band aliran Grunge.. gue merasa kalo tahun 90an itu jaya-jayanya Grunge, apalagi dikalangan wilayah Amrik. Dari segi style/fashion hampir semua orang ngikutin gaya-gaya idola band grunge mereka.. Dan TERNYATA gue baru tau kalo baju/kemeja fanel itu terkenalnya lewat band grunge yang suka banget/sering gunain fanel saat konser. Tapi hebatnya cuma band senior Pearl Jam yang seangkatan dengan Nirvana yang masih lanjut ! #waw Sampe sekarangpun menurut gue band Pearl Jam sendiri walopun udah ga aktif banget tapi mereka ga mengurangkan rasa fans Pearl Jam yang ada. Contohnya ya kaya pearljamindonesia . yang gue liat disetiap event mereka yang terus mengajak dan mengadakan acara untuk kalangan fans Pearl Jam aktif teruss dan ga luput untuk ngurangin rasa kecintaan mereka terhadap band yang mereka idolakan Pearl Jam. Dan sampai akhirnya gue bertemu dengan official pearljamindonesia  gue salut banget sama mereka yang terus berjuang untuk menarik perhatian fans-fans Pearl Jam. sampai akhirnya mereka ngbuat kontes tentang artikel band "Grunge atau Pearl Jam" disini gue lebih berfikir kalo ternyata pearljamindonesia enggak cuma mikirin idola band mereka yaitu Pearl Jam. Tapi mereka juga memikirkan musik Grunge. Dan dari pertemuan itulah gue mulai mencari tau awal mula musik Grunge.
--Awal mulanya gue kenal dengan Grunge itu sendiri pas gue SD, itu juga belum begitu tau dengan musik aliran Grunge. yang gue tau saat itu cuma Nirvana dan sempat membeli Kasetnya. dan kemudian gue baru mengenal Pearl Jam lewat lagu Last Kissnya. 
Gue berharap musik Grunge yang sekarang kembali naik dari tahun 90an terus dapat berkarya tanpa dipandang negative dari kalangan manapun dan enggak pudar kembali. Grunge memiliki banyak karya yang udah ngebuat sebagian masyarakat musik jadi terpengaruh, terutama di Indonesia. Semoga ada lagi band aliran Grunge yang bisa mengikuti jejak-jejak seniornya. dan untuk Grunge yang ada di Indonesia jangan takut untuk berkarya musik Grunge. karena musik itu seni dan ga ada batasnya untuk berkarya selagi masih bisa berKarya.
--The End--
thanks before to pearljamindonesia

Share This Post

3 komentar:

  1. Semoga Grunge tetap eksis seperti dulu kala. Semoga sukse. Mohon beri komentar pada tulisanku yang ini ya.- Grunge, Pearl Jam, Masa dulu dan kini

    BalasHapus
  2. amiin ! thanks your comment ;) okey

    BalasHapus
  3. Menurut gue perl jam dan Nirvana bukan sekedar band yg intertaimen semat tapi memang keluar dari jiwa dan itu juga mewakili setiap jiwa para penggemarnya ..satu jiwa satu hati satu rasa

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.